Saturday, November 5, 2016

Tips Memulai Usaha Yang Sangat Jarang Diketahui

IKLAN ANDA




Mungkin ada beberapa orang yang ingin membuka usaha sendiri seperti membuka toko, dalam rangka membuka toko ini, banyak yang harus kita perhatikan sob seperti Niat, niat apakah kita ingin jualan baju, makanan pokok, sendal, dll.

Jadi jika saat ini kita tidak punya niat ingin buka bisnis apa? Mulailah memikirkannya dari sekarang sob.

Menentukan apa yang akan kita jual


Kita harus menentukan pilihan menjual apa yang pas dilingkungan kita, karena ini sangat berpengaruh kepada penghasilan kita kedepannya.

Misalkan saja karena kita hobi dengan sepak bola, jadi kita berniat ingin membuka bisnis jualan perlengkapan bola seperti baju bola, sepatu bola,dll. Nah, yang perlu kita pikirkan adalah, apakah pas jualan baju bola di lingkungan kita.

Karena di setiap kota mungkin hanya mempunyai 50% yang menyukai bola dan didalam 50% yang suka bola itu mungkin hanya sedikit yang berminat sampai membeli baju-baju nya, karena adik saya adalah contoh nyata yang suka sekali nonton sepak bola, tapi dia tak satu pun mempunyai baju bola, bukan karena tidak mampu beli, tapi karena kurang berminat.

Belum lagi kita harus mlihat ada berapa pesaing kita yang sama-sama jualan perlengkapan sepak bola di wilayah itu, karena peluang kita untuk menarik Customer menjadi terbagi dengan pesaing kita.

Artikel ini ditulis bukan berniat untuk membuat kita menjadi pesimis, tetapi supaya kita berpikir secara matang dalam menentukan bisnis jualan apa yang pas di lingkungan kita.

Karena dengan berpikir secara matang, kita sudah siap dengan resiko yang akan kita alami, contohnya seperti bisnis jualan perlengkapan sepak bola di atas tadi, kita sudah siap kalau toko kita akan sepi, karena target kita lebih sedikit, karena target penjualan kita hanya untuk remaja, dan tidak semua remaja yag suka nonton bola bakal beli baju bola.

Berbeda kalau kita jualan beras, target penjualan kita sangat luas sob, karena bukan hanya untuk remaja, anak-anak  sampai orang tua semuanya pasti memerlukan beras, ini resikonya hanya pada banyak persaingan saja.

Jualan alat-alat listrik jua bagus sob, karena setiap rumah pasti memerlukan lampu, kabel dan sebagainya, yang pasti, target kita juga sangat luas sob, karena yang memerlukan adalah seluruh rumah, dan yang pasti, barang yang kita jual tidak ada istilah kadaluarsa.

Berbeda kalau kita jualan sembako dan jualan alat-alat listrik juga tidak ada istilah ketinggalan zaman, berbeda kalau kita jualan kaos.

Nah kembali lagi ke resiko jualan kaos bola atau kaos apalah, kalau tidak laku, barang kita bakal ketinggalan zaman, dan harga akan sangat turun, malah rugi dong klo kita beli kaos 80 ribu eh tidak laku lalu ketinggalan zaman, jadi barang obral deh 30 ribuan.

Kalau kita sudah menentukan ingin bisnis jualan apa, kita melangkah ke saran berikutnya, yaitu Lokasi.

Lokasi yang strategis


Usahakan memilih lokasi itu ditempat yang padat penduduknya, semakin tinggi kepadatan penduduk disuatu lokasi, maka semakin besar pula potensi penjualannya.

Coba kita bandingkan pendapatan yang lokasi penjualannya di daerah pedesaan dengan usaha yang berlokasi diperkotaan, pasti omset yang diperoleh sangat berbeda.

Besarnya penghasilan penduduk di sekitar lokasi juga sangat berpengaruh sob. Sebab pendapatan masyarakan akan berdampak besar pada daya beli konsumen.

Perhatikan tingkat keramaian di sekitar lokasi yang akan kita gunakan sob, usahakan di tempat yang banyak sekali kendaraan lalu lalang.

Lihat juga tingkat keamanan dan kebersihan di sekitar lokasi, karena itu akan berdampak besar pada kenyamanan calon customer.

Kalau lokasi kita sudah mantab, kita lanjutkan ke saran berikutnya, yaitu produk

Produk yang akan kita pasarkan


Produk yang kita jual harus komplit dan variatif sob, karena prinsip toko yang banyak disukai cutomer adalah toko yang komplit dan variatif.

Memilih produk juga harus dliat dari masyarakat disekitar lokasi sob, karena masyarakat itu terbagi tiga, masyarakat menengah keatas, masyarakat menengah dan masyarakat menengah kebawah.

Jangan sampai kita menjual produk yang biasa atau tidak bermerk di lokasi yang masyarakatnya tergolong menengah keatas, pastikan kita menyediakan produk yang bermerk jika masyarakat di sekitar kita menengah ke atas, begitu pun sebaliknya, jangan salah jual ya sob. Kan gak lucu klo kita jualan produk yang bermerk tapi si pembeli malah banyak mencari barang yang biasa-biasa saja.



Oke, cukup sampai di sini dulu pertemuan kita, kalau ada saran yang lain lagi, bisa sobat tambahkan di kolom komentar, terima kasih.





EmoticonEmoticon